// Prints all codes before tag. // Location: "views/general/header/_common.php" publisher_get_view( 'header', '_common', 'general' ); publisher_get_view( 'header', 'off-canvas', 'general' ); /** * Fires before ".main-wrap" start * * @since 1.9.0 */ do_action( 'publisher/main-wrap/before' ); // Activates duplicate posts removal temporarily for not counting posts inside mega menu publisher_set_global( 'disable-duplicate-posts', TRUE ); publisher_set_blocks_title_tag( 'p' ); ?>

6 Tips Mengenalkan Susu Formula pada Bayi

Tidak ada yang meragukan bahwa ASI adalah asupan terbaik bagi bayi hingga berusia dua tahun. Kandungan nutrisi yang lengkap membuat ibu dapat memberikannya kapan saja bayinya menginginkannya. Namun, ada kalanya ibu dalam kondisi sakit yang membuatnya tidak bisa menyusui. Atau dokter menganggap pertumbuhan bayi tidak sesuai karena kekurangan  nutrisi maka susu formula untuk bayi akhirnya direkomendasikan.

Bayi yang terbiasa meminum ASI sejak lahir tidak selalu bisa dengan mudah beradaptasi saat diberikan susu formula. Bahkan, beberapa bayi mungkin akan menolak. Beberapa tips berikut ini bisa diterapkan saat Anda mengenalkan susu formula pada bayi.

susu formula untuk bayi
susu formula untuk bayi
  1. Variasikan ASI dengan Susu Formula

Untuk perkenalan, Anda bisa memberikan ASI dan susu formula dalam botol terpisah. Berikan keduanya dengan perbandingan yang  sama. Secara bertahap, komposisi ASI dikurangi sehingga akhirnya bayi terbiasa dengan susu formula.

  1. Teteskan ASI pada Dot Botol Bayi

Pertama kali memberikan susu formula, Anda bisa mengoleskan ASI pada dot botol sebelum meminumkannya. Rasa ASI yang sudah sangat dikenalnya akan memudahkannya meminum susu formula.

  1. Mulai Mencoba Saat Malam Hari

Malam hari adalah saat bayi banyak minum dan bangun. Kemudian, bayi akan mengantuk dan tidak menyadari apa yang diminumnya. Anda bisa memberikan puting botol susu perlahan saat bayi dalam posisi tidur. Berikan dalam jumlah yang sedikit dan bisa mengombinasikan dengan ASI agar tidak rewel.  

  1. Pilih Dot yang Lembut dan Beraliran Lambat

Jangan lupa memilih dot yang lembut sehingga bayi nyaman saat mengisap. Selain itu, dengan aliran yang lambat, bayi Anda tidak mudah tersedak karena mengisap dengan baik. Tidak hanya itu, aliran yang lambat membantu bayi mengenal puting sama seperti puting payudara ibu.

  1. Minta Tolong Orang Lain Mencobanya

Anda bisa minta tolong ayah si bayi, nenek atau kakeknya untuk membantu mengenalkan susu formula pada bayi. Bayi akan memiliki naluri bahwa ibunya sedang tidak ada di rumah sehingga merasa aman dengan orang lain di dekatnya yang sudah dikenal dengan baik.

  1. Coba Saat Di Luar Rumah

Mengenalkan susu formula tanpa rewel juga bisa dicoba saat bayi Anda berada di luar rumah. Terlebih lagi, bila orang terdekatnya yang meminumkannya, bukan ibunya. Bayi akan merasa nyaman karena tidak berada di lingkungan biasanya. Selain itu, dia juga merasa Anda sebagai ibunya sedang tidak bisa di dekatnya sehingga tidak menolak diberi dot susu.

Demikian enam tips mengenalkan susu formula untuk bayi agar bayi Anda tidak terus menangis karena belum terbiasa. Selamat mencoba..