Terbaru

Mahasiswa UI Berhasil Ciptakan Alat Pengukur Kesehatan

0

Kesehatan kini sudah menjadi kebutuhan utama bagi semua orang. Tanpa disadari, banyak sekali kebiasan-kebiasaan kita yang dalam jangka panjang dapat memperburuk kesehatan. Menanggapi hal tersebut, universitas terbaik di Indonesia sudah berhasil menciptakan alat yang bernama Cardium.

Cardium diklaim dapat dijadikan sebagai alat pengukur kesehatan. Yaitu untuk resiko diabetes dan jantung koroner rel-time. Alat pendeteksi kesehatan ini berhasil diciptakan oleh keempat mahasiswa berprestasi di Universitas Indonesia.universitas terbaik indonesia Keempatnya adalah Zackie Alfian Rizaldy, Gradi Andrindi, Arief Purnama M. serta Albertus Hendra. Masing-masing mahasiswa mewakili masing-masing fakultas yang berbeda. Zackie dan Arief dari Fakultas Kedokteran serta Gradi dan Albertus dari Fakultas Teknik.

Cardium atau Cardio and Diabetes Risk Measurement adalah sebuah alat/perangkat yang bisa mengukur resiko kesehatan. Perangkat ini dapat menerapkan sebuah teknologi real time ketika mengukur resiko adanya sebuah penyakit. Penyakit yang bisa dideteksi dengan alat Cardium adalah penyakit jantung koroner dan diabetes.

Para mahasiswa di universitas terbaik di Indonesia ini telah mendapatkan data tentang penderita diabetes dan kardiovaskular. Di Indonesia khususnya, penderita kedua penyakit menjadi salah satu penyebab kematian sebesar 37%. Betapa mengerikan penyakit ini jika tidak segera ditangani dengan tepat.

Di bawah bimbingan Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo, SpPD-KEMD, keempat  mahasiswa ini berhasil menciptakan sebuah alat yang bermanfaat untuk kesehatan. Cardium ini dilengkapi dengan sebuah pengukur tekanan darah, gula darah dan mikrokontroler arduino. Alat ini diharpkan dapat membantu petugas kesehatan di Posbindu PTM.

Posbindu PTM sendiri adalah Pos pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular. Ditempat ini para petugas dapat melakukan diagnosis penyakit diabetes dan kardiovaskular dengan menggunakan Cardium. Jika hasil dari diganosis pasien positif terjangkit salah satu penyakit ini, maka pasien dapat segera dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi.

Untuk kedepannya nanti alat Cardium ini bisa menjadi peralatan kesehatan yang praktik dan ekonomis. Apalagi awal mula terciptanya alat ini dilakukan oleh mahasiswa universitas terbaik di Indonesia, sehingga keamanannya dapat terjamin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.