Waktu tidur siang bagi buah hati merupakan suatu kebutuhan yang harus dikondisikan oleh orang tua. Jika sejak bayi hingga berusia kurang dari satu tahun buah hati akan tidur lebih lama dan lebih sering, keadaan ini tentu akan berbeda saat usia mereka bertambah. Apalagi saat anak mulai aktif bergerak, dan senang mengeksplorasi lingkungan sekitar, maka jam tidur siang pun kian berkurang. Namun anda harus mengkondisikan buah hati agar tidur siang paling tidak selama satu jam. Hal ini dikarenakan ada banyak manfaat tidur siang yang akan mempengaruhi tumbuh kembang buah hati baik secara fisik maupun psikisnya, sehingga berpengaruh pula pada pembawaannya. Pada tulisan kali ini, kami akan memaparkan beberapa manfaat penting dari tidur siang untuk tumbuh kembang buah hati.

  • Merangsang hormon pertumbuhan anak

Tidak banyak orang tua yang menyangka betapa dahsyatnya manfaat tidur siang untuk buah hati. saat anak tertidur dengan lelap di siang hari, maka hormon pertumbuhan yang disebut dengan Human Growth Hormone akan lebih banyak ditemukan dalam darah. Hormon ini mampu merangsang pertumbuhan si kecil. dengan jam tidur siang yang cukup, maka pertumbuhan buah hati akan lebih optimal. Hormon pertumbuhan ini diproduksi oleh otak yang bekerjasama dengan sistem hormonal tubuh lainnya. selain mendukung pertumbuhan tubuh, hormon ini juga akan mendukung kecerdasan otak anak.

  • Meningkatkan kecerdasan dan tingkat konsentrasi buah hati

Di usianya yang sudah lebih dari satu tahun, mengajak anak untuk tidur siang merupakan tantangan tersendiri yang dihadapi orang tua. Namun anda harus memiliki berbagai trik tertentu agar anak mau tidur siang meskipun waktunya tidak lama seperti layaknya tidur di malam hari. manfaat tidur siang sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan dan tingkat konsentrasi buah hati di usia anak-anak hingga dewasa.

Itulah dua manfaat penting dari tidur siang untuk buah hati. Alokasi waktu tidur siang minimal selama satu jam. Tidur siang setelah belajar atau setelah makan siang akan membuat waktu tidur siang menjadi lebih berkualitas.