perkembangan anak

perkembangan anak

Di dalam ilmu psikologi seorang anak akan mengalami hal berbagai macam perkembangan yang ada di dalam dirinya. Perkembangan anak ini akan terjadi sesuai dengan usianya, makanan yang selalu dikonsumsi oleh anak dan juga bagaimana peranan dari orang tua anak tersebut. Untuk dapat mendukung di dalam perkembangan anak yang paling baik maka bisa kita ketahui dari sudut pandang psikologi yang akan dilakukan terhadap anak.

Perkembangan anak dapat berjalan secara maksimal atau pun tidak akan tergantung dari berbagai macam hal yang bisa mempengaruhinya. Salah satunya di dalam bidang psikologi agar bisa lebih memahami berbagai macam perkembangan anak terutama terhadap anak yang masih usia dini. Berikut ini adalah berbagai macam hal yang bisa saja terjadi di dalam perkembangan anak di dalam proses kehidupan yang akan dilaluinya.

Perkembangan fisik terhadap anak tentunya akan berhubungan dengan cara perkembangan dari segi motorik. Untuk segi motorik anak ini tentunya bisa terbagi terdapat dua hal yaitu di dalam motorik halus dan juga di dalam motorik yang kasar. Untuk urusan perkembangan kognitif pada anak terhadap bidang psikologi biasanya akan terjadi di dalam 4 tahap yaitu dari tahap sensor motor, tahap pra operasional, tahap konfret operasiona dan juga tahap perkembangan kognitif.

Ketika anak mengalami perkembangan bahasa yang terjadi pada 3 periode. Periode ini seperti halnya periode pre lingual ketika usia anak 0 sampai 1 tahun dengan adanya tanda yaitu selalu mengoceh. Selanjutnya periode lingual ketika usia 1 sampai 2,5 tahun anak telah dapat membuat kalimat. Tahap perkembangan sisi emosional.

Unutk tahapan seperti ini akan terbentuk terhadap anak rasa percaya diri yang tinggin dan perkembangan tentang kemandirian di dalam berbagai macam perilakunya. Pada tahapan ini juga adalah tahapan yang sangat penting sekali di dalam perkembangan psikologi anak. Kita harus betul-betul memperhatikan tahapan demi tahapan agar kita mempunyai anak yang tumbuh kembang dengan baik.