perkembangan janin dalam rahim

perkembangan janin dalam rahim

Dalam kehamilan seorang wanita akan mengalami perubahan fisik maupun psikis, hal ini dipengaruhi oleh hormon dalam tubuh yang meningkat dan merubah emosional seorang ibu yang sedang hamil. Untuk menjaga perkembangan janin dalam rahim harus diperhatikan dengan baik, mulai dari asupan makanan, kebiasaan, ataupun hal-hal yang perlu ibu lakukan dan tidak boleh dilakukan selama masa kehamilan tersebut. Apalagi di usia kehamilan yang masih muda sangat rentan sekali terhadap masalah gangguan kehamilan, seperti terjadi kontraksi, pendarahan sampai keguguran. Jika tidak pandai menjaga kondisi tubuh saat hamil, maka akan sulit untuk mempertahankan janin yang tumbuh berkembang dalam rahim sampai dilahirkan. Oleh karena itu, Anda harus banyak memiliki informasi atau pengetahuan tentang kehamilan dan menjaga kehamilan sampai proses melahirkan.

Salah satu penyebab terjadinya keguguran atau lahir prematur adalah ketidakseimbangan hormon ibu dalam tubuh serta lemahnya fisik saat mengandung akibat kekurangan energi, sumber energi yang dibutuhkan ibu saat hamil 2 kali lebih banyak dibandingkan saat tidak hamil itu karena pada saat hamil ibu memiliki sasupan nutrisi kepada dirinya dan bayi yang dikandungnya. Meskipun begitu, ibu harus tetap waspada juga dengan makanan yang di konsumsi, karena banyak sekali makanan yang tidak diperkenankan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Usia kehamilan memang menjadi perhatian bagi setiap orang, apalagi pada setiap bulannya selalu ingin mengetahui kondisi janin yang dikandungnya, melalui pemeriksaan USG, Anda bisa melihat secara detail pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam rahim melalui teknologi canggih tersebut, dengan mengetahui sejak dini, maka bisa diantisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Yang terpenting adalah ketika kehamilan jangan sampai melakukan aktifitas yang berlebihan, terutama mengangkat beban berat dan yang bisa memicu kontraksi pada kehamilan Anda.

Untuk itu Anda harus selalu waspada dan jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada calon bayi yang di kandung, agar tetap sehat jagalah perkembangan janin dalam rahim setiap waktu dan cek secara berkala kepada dokter.