Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) merilis daftar 12 perguruan tinggi terbaik nasional tahun 2016. Masih sama seperti beberapa tahun lalu, dari deretan tiga universitas terbaik di Indonesia tetap diisi oleh Universitas Indonesia (UI) yang berhasil menduduki posisi pertama. Sedangkan untuk penilaian sendiri perubahannya cukup signifikan.

Menteri Ristekdikti, M. Nasir, Kemristekdikti, Kamis 18 Agustus 2016 menjelaskan bahwa metode penilaian perguruan tinggi terbaik tidak terlalu banyak berubah dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya.

Penilaian diukur dari beberapa aspek antara lain adalah kualitas kegiatan penelitian sebesar 30 persen, dosen 12 persen, akreditasi 30 persen, dan kualitas kegiatan mahasiswa 10 persen.

Universitas Indonesia (UI) mampu secara beberapa tahun dari 2008 hingga 2013 mampu memnduduki posisi pertama universitas terbaik di Indonesia. Pemeringkatan muncul dari beberapa versi, diantaranya QS dan THES. Berikut beberapa pencapaian yang telah diraih:

  • Universitas Indonesia menduduki posisi pertama untuk kategori universitas asal Indonesia di peringkat 64 Asia pada tahun 2013, data versi QS.
  • Universitas Indonesia menduduki posisi pertama untuk kategori universitas asal Indonesia di peringkat 59 Asia, dan peringkat 273 dunia pada tahun 2012, data versi QS.
  • Universitas Indonesia menduduki posisi pertama untuk kategori universitas yang berasal dari Indonesia di peringkat 50 Asia, dan peringkat 217 dunia pada tahun 2011,data versi QS.
  • Universitas Indonesia berada di urutan pertama untuk kategori universitas yang berasal dari Indonesia dengan peringkat 50 Asia pada tahun 2010, data versi QS.
  • Universitas Indonesia tampil di urutan pertama untuk kategori universitas asal Indonesia tahun 2009, data versi THES.
  • Universitas Indonesia tampil di urutan pertama untuk kategori universitas asal Indonesia tahun 2008, data versi THES.

Universitas Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi mampu menghasilkan SDM dengan kualitas yang baik sehingga wajar jika dalam enam tahun berturut–turut Universitas Indonesia mampu menjadi universitas terbaik di Indonesia.

UI menyadari bahwa setiap pencapaian yang diraih merupakan hasil kerja keras untuk terus berusaha meningkatkan kualitas dan reputasi di masa yang akan datang.