Ubi adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Semakin berkembangnya zaman yang modern maka banyak semakin berkembangnya juga pemikiran masyarakat mengenai makanan. Banyak masyarakat Indonesia yang mengkreasikan ubi sebagai bahan utama untuk membuat bebrbagai olahan makanan, contohnya saja kue. Anda bisa mengolah ubi menjadi salah satu resep masakan Indonesia. Contoh kue yang terbuat dari bahan dasar ubi adalah kue mangkok. Kue mangkok juga biasa disebut dengan kue apem. Jika anda belum tahu bagaimana cara membuat kue mangkok yang memiliki rasa yang lezat ini, berikut adalah resep yang bisa anda praktikkan di rumah.

Bahan bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat resep masakan Indonesia kue mangkok ubi adalah sebagai berikut ini.

  1. 200 gram ubi, anda bisa mengukusnya lalu kemudian dihaluskan. Anda bisa memilih ubi sesuai selera (ubi merah, ubi ungu, kentang atau labu)
  2. Susu kental manis dari Nestle ‘carnation’
  3. 250 gram tepung terigu
  4. 150 gram gula pasir
  5. 1 sdt ragi instan
  6. vanilli

Untuk cara membuatnya adalah sebagai berikut ini

  1. Campurkan semua bahan ke dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata.
  2. Setelah adonan tercampur rata, anda bisa mendiamkannya selama 45 menitan atau 1 jam sampai adonan anda mengembang tandanya adalah adonan terlihat naik dan jika dituang akan mengental dan seperti berserat serat.
  3. Setelah adonan mengembang masukkan ke dalam loyang atau cetakan yang sudah anda siapkan sebelumnya. Tips jika anda tidak mau  adonan nantinya lengket adalah dengan mengoleskan minyak goreng pada cetakan.
  4. Setelah anda menuangkan semua adonan kedalam cetakan, sekarang anda bisa masukkan cetakan ke dalam kukusan. Kukus dengan api besar selama 10-15 menit
  5. Setelah matang kue mangkok ubi siap di nikmati

Bagaimana? mudah sekali bukan untuk membuat kue mangkok ubi ini. Dengan bahan yang sederhana, anda sudah bisa mempraktikkan satu resep masakan Indonesia yang memiliki cita rasa luar biasa ini. Dengan tambahan dari susu carnation ‘Nestle’ akan menambah kelezatan saat menikmati kue mangkok ubi ini.