Perkembangan Bahasa Anak Sesuai Tingkatannya

perkembangan bahasa anak

Pada dasarnya bahasa anak berkembang mulai sederhana hingga ke kompleks dengan pola yang bisa diprediksikan oleh setiap orang tua. Perlu Anda ketahu bunda, perkembangan bahasa anak adalah suatu kombinasi interaksi sosial, kemampuan kognitif dan motoriknya, serta perkembangan emosinya. Biasanya anak sudah bisa mengucapkan kata mama dan papa kisaran umur satu tahun hingga dua tahun.

Sudah bisakah buah hati anda mengucapkan kata mama dan papa di kisaran umur tersebut? Jika memang belum, anda harus bersabar ya bunda. Karena setiap kemampuan kognitif maupun motorik anak berbeda. Tugas penting bagi anda selaku orang tua, untuk selalu melatih komunikasi buah hati anda. Mulai dari kata mama dan papa, kemudian bertahap dengan kata-kata benda. Perlahan tapi pasti, yang terpenting nantinya buah hati anda bisa berkomunikasi dengan baik

perkembangan bahasa anak

Tingkatan Perkembangan Bahasa Anak.

Perkembangan bahasa anak tentu saja ditunjukkan dengan adanya perkembangan berbicara si buah hati. Dengan adanya tingkatan perkembangan bahasa pada buah hati Anda. Diharapkan Anda dapat mengetahui perkembangan tersebut. Dan tahu bagaimana cara menstimulasinya sesuai dengan tingkatannya.

a. Pertama, pra bicara. Untuk pra bicara ini biasanya ditunjukan dengan adanya perkembangan suara dan isyarat. Biasanya diungkapkan dengan menangis, teriakan, dan tertawa. Tentu saja pada saat lahir hingga umur 10 bulan.

b. Kedua, kata-kata pertama dan pemunculan nama benda atau hewan. Tingkatan kedua biasanya si buah hati sudah bisa menghasilkan kata tunggal. Seperti mama, papa, kemudian kata benda maupun hewan. Biasanya terjadi di umur 10 bulan hingga 13 bulan.

c.  Ketiga, bisa mengkombinasi kata. Dalam penggunakan kata tunggal dengan artian kompleks, untuk mengungkapkan sebuah kalimat. Sebagai contohnya mama susu, maksudnya si buah hati minta susu kepada mama. Untuk kombinasi kata tersebut biasanya terlihat ketika umur 18 bulan hingga 24 bulan.

d. Keempat, tata bahasa. Mengenai tingkatan kali ini, buah hati Anda sudah bisa menggunakan kata saya, dia, kamu dan kita. Tentu saja perkembangan bahasa pada anak yang sangat unik di umur 20 bulan hingga 30 bulan.

Dari tingkatan perkembangan bahasa anak yang sudah admin informasikan di atas, semoga bunda bisa memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Tidak ketinggalan admin ingatkan, jika buah hati Anda sudah berumur 1 tahun ke atas. Sudah waktunya Anda dukung tumbuh kembangnya dengan memberikan susu Dancow Gum. Susu dengan lebih banyak kandungan laktosanya. Sehingga melindungi masa-masa pertumbuhan dan eksplorasi buah hati.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *