Apa Saja Job Description Bagi Social Media Manager

social media marketing agency

Pada abad ke 21 yang merupakan era digital ini, semua aspek kehidupan bisa diintegrasikan dengan internet. Salah satu contohnya yaitu semakin maraknya penggunaan media sosial. Penggunaan media sosial dalam ranah bisnis sebagai media pemasaran juga semakin digemari. Banyak sekali persaingan dalam media sosial yang harus ditaklukkan sebuah perusahaan. Maka dari itu, suatu perusahaan membutuhkan social media marketing agency yang siap membantu dalam memasarkan produknya. 

Apakah yang dimaksud dengan social media manager?

Social media manager atau bisa disebut dengan social media marketing agency merupakan sebuah agensi atau seseorang yang telah dipercaya oleh sebuah perusahaan untuk menghandle media sosial yang dimilikinya. Tugasnya yaitu memonitor, menyaring, menyunting, memberi ide, mengeksekusi, juga mengukur jangkauan media sosial dari suatu perusahaan atau perorangan yang mempercayainya. 

Menurut Digital Marketing Institute, social media manager juga bisa disebut sebagai voice of company dalam suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan posisi ini merupakan ujung tombak sebuah perusahaan. 

social media marketing agency

Tanggung jawab seorang social media manager

Banyak tugas yang harus dikerjakan oleh seorang social media manager, di antaranya yaitu:

  • Mengembangkan strategi media sosial dan menetapkan tujuan. Hal ini dilakukan agar brand awareness meningkat. Selain itu juga untuk menaikkan jumlah engagement. 
  • Mengatur semua platform media sosial yang dimiliki sebuah perusahaan. Misalnya, Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain. 
  • Merencanakan dan membuat perencanaan konten lalu menyampaikan idenya pada tim atau klien.
  • Menulis sebuah caption, blog, atau artikel yang menarik. 
  • Membangun relasi yang baik dengan influencer.
  • Mampu menciptakan sebuah konten multimedia yang efektif.
  • Mampu mengatur dan memfasilitasi komunitas media sosial dengan merespon postingan di media sosial. 
  • Melakukan monitor dan melaporkan performa setiap akun media sosial klien dengan menggunakan tools seperti Google Analytics dan insight yang disediakan oleh Facebook.
  • Selalu mengkomunikasikan ide sebelum membuat konten media sosial dengan tim atau klien. 

Skill apa yang harus dimiliki seorang social media manager?

Seorang social media manager harus selalu siap dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Berikut merupakan beberapa skill yang harus dimiliki seorang social media manager:

Copywriting

Banyak sekali skill yang harus dipenuhi ketika menjadi seorang social media manager. Salah satunya yaitu kemampuan menulis. Keterampilan menulis banyak dibutuhkan dalam posisi ini. hal ini meliputi penulisan dalam content plan, hingga menulis konten itu sendiri. 

Setiap brand pasti akan memiliki target pasar juga karakteristik yang berbeda-beda. Maka dari itu, tugas seorang manajer disini yaitu menyesuaikan gaya tulisan yang tepat dan sesuai dengan brand yang dibawanya. 

Maka dari itu, keterampilan dalam menulis sangat diperlukan dalam posisi social media manager ini. 

Riset

Kemampuan dalam melakukan sebuah riset merupakan salah satu skill yang harus dipenuhi dalam menjalani posisi ini. riset diperlukan untuk mencari suatu trend dan style terbaru untuk suatu pembuatan konten, campaign, dan juga competitor. 

Semua keputusan yang diambil dalam pembuatan sebuah konten merupakan tanggung jawab seorang manager. Maka dari itu, jangan sampai konten yang dibuat tidak menarik. 

Ahli dalam media sosial

Seorang dengan posisi ini tentu saja harus memiliki keahlian dalam bermedia sosial. Tentu saja dibutuhkan sebuah pengalaman dan pembelajaran terus menerus dalam hal ini. 

Memahami media sosial tidak selalu mudah. Hal ini dikarenakan keadaan media sosial terus berubah-ubah dan juga tak bisa stabil. Begitu halnya dengan sebuah tren yang terus berubah tanpa bisa diprediksi. 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai tugas seorang social media manager. Semoga bermanfaat!

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *