5 Tips Cerdas untuk Desain Kamar Tidur dengan Cahaya

desain kamar tidur

Tidak banyak faktor tunggal dalam rumah tangga Anda yang dapat mengubah suasana hati, kesehatan, kenyamanan rumah, tampilan warna, dan suasana ruangan hanya dengan satu estetika, yaitu pencahayaan. Sementara sebagian besar dari kita mencoba untuk menemukan sofa paling trendi untuk diletakkan di ruang tamu kita atau warna biru terbaik untuk diletakkan di kantor rumah kita, bagaimana Anda menerangi desain kamar tidur Anda dengan cahaya buatan dan berapa banyak cahaya alami yang masuk ke rumah Anda dapat membuat perbedaan besar. Jika Anda mencoba menemukan cara cerdas untuk mempercantik rumah Anda dengan cahaya, berikut adalah 5 tips untuk memulainya.

1. Cahaya Alami Dapat Mengubah Suasana Hati dan Rumah Anda

Kapan terakhir kali Anda pergi ke lemari gelap dan merasa hangat serta bahagia? Bagi kebanyakan dari kita jawabannya adalah “tidak akhir-akhir ini”. Cahaya alami dibutuhkan bagi semua manusia untuk berkembang. Dan kulit, mata, rambut, pikiran, dan kebahagiaan kita membutuhkan cahaya alami untuk menjadi sehat. 

Pada saat yang sama, rumah Anda juga menuai keuntungan. Cahaya alami dapat membunuh bakteri yang muncul di ruang gelap dan lembab di rumah Anda serta menciptakan suasana yang tidak dapat ditandingi oleh sumber pencahayaan buatan.

2. Ruangan yang Terang Membuat Rumah Anda Terasa Lebih Luas

Bagi Anda yang bergumul dengan mencoba membuat desain kamar tidur Anda terasa lebih besar, cahaya dan iluminasi alami dapat menipu mata. Kamar gelap dengan furnitur yang lebih besar dan kamar yang cukup terang dengan furnitur yang lebih sedikit dapat memiliki pengaruh yang sebaliknya dalam hal desain interior. 

Pertimbangkan untuk menggunakan beberapa sumber pencahayaan di malam hari, untuk menghindari area gelap di rumah Anda. Pencahayaan ambient seperti wall sconce di seluruh rumah Anda akan memperbesar interior Anda secara visual dan membuat Anda ingin berlama-lama di dalamnya.

G:\ARTIKEL INDO\SEPTEMBER 2021\SUSAN PROJECT\Master Rumah September 2021\Master Rumah September 2021 - Minggu 3\desain kamar tidur 2.jpg
desain kamar tidur

3. Cahaya Alami Dapat Dimaksimalkan dengan Pengaturan Jendela Serbaguna

Di banyak rumah, masalahnya bukanlah sumber cahaya melalui jendela yang berdekatan, melainkan kemampuan untuk membiarkan cahaya masuk secara efektif. Lihatlah penggunaan jendela Anda saat ini. Tirai tebal, gorden tebal, dan gorden kain berlapis seringkali menghalangi cahaya alami yang sangat dibutuhkan. 

Pertimbangkan untuk menggunakan kain yang lebih ringan seperti kain katun atau linen, terutama di iklim yang memungkinkan masuknya suhu sedang. Untuk iklim yang lebih ekstrim, pilih bahan yang serbaguna dan dapat diikat ke belakang untuk membiarkan cahaya masuk atau menutupnya saat matahari bersinar.

4. Manfaat Terapi dan Kesehatan Mental dari Cahaya Alami

Di rumah, kita melupakan manfaat kesehatan dari membiarkan cahaya alami masuk ke interior dan kehidupan kita sehari-hari. Apakah Anda menikmati pancaran cahaya alami melalui balok kaca tembus pandang di kamar mandi Anda setiap pagi atau Anda membuka tirai lebar-lebar di kantor rumah Anda setiap pagi, ada manfaat kesehatan dari cahaya alami. Cobalah berjalan di luar dan berjemur di bawah sinar matahari lalu kembali ke rumah Anda. Jika tubuh Anda merasa kekurangan manfaat segar dan terapeutik dari sinar matahari, pikirkan cara untuk membawanya ke rumah Anda dalam jumlah yang lebih banyak.

5. Cahaya Buatan Dapat Mempercantik Rumah Anda

Teknologi pencahayaan telah berkembang pesat dalam desain hunian. Dari model yang ramah lingkungan seperti lampu fluorescent dan perlengkapan LED hingga yang inovatif seperti lampu strip lampu lantai. Para ahli di bidang desain interior mengatakan, dari eksterior, pancaran cahaya hangat terpantul dari langit-langit kayu dari sumber yang tidak terlihat. 

Saat melintasi sebuah jalan di dalam rumah, sumber linier tunggal menciptakan hubungan tak terduga antara satu ruangan dengan ruangan yang lain. Jenis teknologi ini memungkinkan pemilik rumah untuk memamerkan detail arsitektur desain kamar tidur mereka dan tetap memiliki pengalaman yang luar biasa dengan pencahayaan buatan.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *