// Prints all codes before tag. // Location: "views/general/header/_common.php" publisher_get_view( 'header', '_common', 'general' ); publisher_get_view( 'header', 'off-canvas', 'general' ); /** * Fires before ".main-wrap" start * * @since 1.9.0 */ do_action( 'publisher/main-wrap/before' ); // Activates duplicate posts removal temporarily for not counting posts inside mega menu publisher_set_global( 'disable-duplicate-posts', TRUE ); publisher_set_blocks_title_tag( 'p' ); ?>

Tolak Ukur Pertumbuhan Anak Saat Berusia 1 Tahun

Bagi semua orang tua yang memiliki buah hati yang telah menginjak usia 1 tahun menjadi salah satu momen yang sangat penting di dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Pada usia tersebut ia telah melewati fase bayi dan sedang memasuki usia kanak-kanak.

Beberapa tahun yang akan datang buah hati kita akan melewati proses tumbuh-kembang yang akan sangat penting dan berpengaruh untuk masa depannya. Ada berbagai macam perubahan yang terjadi kepada buah hati kita dalam tahapan tumbuh kembang anak yang perlu diketahui oleh orang tuanya.

tahapan tumbuh kembang anak
Tahapan tumbuh kembang anak

Tahapan tumbuh kembang anak pada dasarnya tidak sama dan berbeda antara satu anak dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan karena organ tubuh hingga kondisi fisik setiap anak mengalami pertumbuhan yang berbeda-beda salah satu contohnya pertumbuhan otak anak yang berjalan sangat pesat hingga mencapai usia 6 tahun.

Berikut ini ada beberapa macam tolak ukur pertumbuhan anak yang perlu diketahui oleh setiap orang tua salah satunya adalah pertumbuhan berat dan tinggi badan. Salah satu tanda buah hati kita mengalami pertumbuhan yang baik adalah perkembangan berat dan tinggi badannya yang terus tumbuh secara signifikan. Pada dasarnya setiap anak yang berusia 1 tahun memiliki berat badan 3 kali dari berat lahirnya.

Selain itu anak yang berusia 1 tahun juga memiliki 1,5 lebih tinggi daripada tinggi badannya saat lahir. Faktor lainnya yang sangat berpengaruh terhadap tahapan tumbuh kembang anak adalah kemampuan motorik. Kemampuan buah hati kita untuk menggerakkan beberapa bagian tubuhnya seringkali disebut sebagai kemampuan motorik.

Ketika seorang anak berusia 1 tahun tanda-tanda perkembangan motorik yang dimilikinya adalah mampu berdiri sendiri belajar melangkah, mengangkat mainan, menggerakkan tangannya dan berbagai macam gerak halus lainnya. Anak-anak yang berusia 1 tahun juga mulai bisa untuk melatih kemampuan makannya sendiri pada umumnya mereka juga telah mampu untuk menggunakan jari jemarinya untuk memasukkan makanan ke dalam mulutnya.

Anak yang berusia 1 tahun juga memiliki kemampuan sosial dan emosional yang sudah terlihat pada usia tersebut ia akan mulai mengekspresikan berbagai macam perasaan yang dimilikinya mulai dari perasaan senang atau sedih marah dan berbagai macam perasaan lainnya.