// Prints all codes before tag. // Location: "views/general/header/_common.php" publisher_get_view( 'header', '_common', 'general' ); publisher_get_view( 'header', 'off-canvas', 'general' ); /** * Fires before ".main-wrap" start * * @since 1.9.0 */ do_action( 'publisher/main-wrap/before' ); // Activates duplicate posts removal temporarily for not counting posts inside mega menu publisher_set_global( 'disable-duplicate-posts', TRUE ); publisher_set_blocks_title_tag( 'p' ); ?>

Mengenal Ramadan Dengan Cara Menyenangkan

Bulan Ramadhan, dimana kita para umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa bagi orang yang mampu. Yang dimaksud mampu disini yaitu orang yang sudah pada usia akhir baligh (laki – laki 15 Tahun, Perempuan 9 Tahun). Oleh karena itu sebelum mereka memasuki usia yang disebutkan, para orang tua biasanya sudah mulai mengajarkan cara berpuasa sejak usia dini. Ramadan cards for kids adalah metode pengenalan yang bersifat fun buat anak – anak, mari kita bahas dulu metode – metode pengenalan berpuasa.

Ada yang menggunakan cara klasik yaitu hanya menyuruh mereka mencoba berpuasa sedikit demi sedikit dengan jam puasa yang terus bertambah, ada yang menggunakan cara yg lebih tegas agar si anak terbiasa dengan waktu puasa mereka menahan berbagai hal. Namun semua itu masih sangat memiliki kekurangan yaitu ada kala nya si anak merasa kesal karena tidak diperbolehkan (misalnya minum karena tidak kuat haus).

Ramadan cards for kids
Ramadan cards for kids

Karena berpuasa bukan hanya menahan lapar dan haus, kita diwajibkan pula menahan nafsu, pikiran, dan penglihatan kita. Terkadang hal – hal ini tidak menempel pada anak tersebut. Nah, disinilah metode Ramadhan cards for kids mengisi kekurangan yang ada pada metode – metode diatas tadi

Cara membuat Ramadan cards for kids tentu tidaklah susah dan ada beberapa cara juga, misal kita membuat kartu unik yang berisikan permainan kecil yang bertemakan bulan puasa, atau kita membuat kartu tentang pencapaian mereka dalam berpuasa di bulan Ramadhan tersebut.

Contohnya kita membuat beberapa kartu sebagai achievement yang telah dia capai misal target pertama yaitu berpuasa 3 jam, lalu kartu selanjutnya 6 jam, 9 jam, dan sampai kartu yang tamat hingga berbuka puasa, ditambah kartu achievement misal berpuasa seminggu, dua minggu, dan seterusnya.

Mengapa cara ini efektif? Jawabannya simple saja, anak jika diberikan hadiah dari hasil usaha mereka sendiri, mereka akan sangat senang walaupun hanya berwujud kartu. Dan itu akan membuat anak lebih semangat menjalankannya. Tapi ingat diluar Ramadhan cards for kids ada beberapa hal yang perlu kita ketahui cara yang benar dalam mendidik mereka berpuasa.

Kita harus bisa memastikan bahwa mereka siap mental dan fisik dan juga memiliki nutrisi yang cukup baik selama berpuasa. Bahkan kita bisa juga membuat kartu yang mengacu kepada apa yang telah mereka makan dan sebagainya. Ini tentunya menjadi cara kreatif dan unik serta menyenangkan untuk mendidik anak dalam berpuasa.