// Prints all codes before tag. // Location: "views/general/header/_common.php" publisher_get_view( 'header', '_common', 'general' ); publisher_get_view( 'header', 'off-canvas', 'general' ); /** * Fires before ".main-wrap" start * * @since 1.9.0 */ do_action( 'publisher/main-wrap/before' ); // Activates duplicate posts removal temporarily for not counting posts inside mega menu publisher_set_global( 'disable-duplicate-posts', TRUE ); publisher_set_blocks_title_tag( 'p' ); ?>

Stimulasi yang Sesuai Dengan Usia Janin

Berikan stimulasi sesuai usia janin

Otak anak sudah mulai terbentuk sejak masih berada di dalam kandungan. Menurut Bidan Sela, bidan sela perkembangannya membutuhkan stimulasi yang cukup supaya bisa tumbuh secara maksimal. Hal tersebut sangat penting, mengingat otak adalah komponen utama pengendali tubuh. Semua sel melakukan tugasnya atas perintah dari otak. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk melakukan stimulasi yang sesuai dengan usia janin dalam kandungan.

  • Usia 1-4 minggu

Pada usia janin satu bulan, stimulasi gizi sangat dibutuhkan. Bunda harus mengkonsumsi makanan sehat yang memiliki nutrisi seimbang. Pola hidup sehat juga harus diterapkan untuk menghindari gangguan pada perkembangan janin.

usia janin
                                                                                                usia janin
  • Usia 9-12 minggu

Janin sudah mulai bisa melakukan gerak refleks. Sang jabang bayi bisa memberikan respon terhadap sentuhan yang Bunda lakukan. Oleh karena itu, sering-seringlah mengusap perut untuk memberi stimulasi sentuhan pada janin. Bunda juga bisa mengajaknya berbicara. Walaupun gerak janin masih belum terasa, namun stimulasi yang dilakukan bisa membentuk ikatan emosional antara Bunda dengan ananda.

  • Usia 13-16 minggu

Di usia ini indera pendengaran janin sudah mulai berfungsi. Disarankan supaya Bunda bersama pasangan lebih sering mengajak janin berbicara. Dengan demikian, sang buah hati bisa mulai mengenal suara kedua orangtuanya.

  • Usia 17-20 minggu

Musik bisa mulai dikenalkan pada tahap usia ini. Biasanya orang-orang memilih musik klasik untuk menstimulasi kecerdasan otak si kecil. Namun Bunda juga bisa memperdengarkan ayat-ayat suci Alquran loh.

  • Usia 21-24 minggu

Pada usia ini, Bunda sudah bisa memberi janin stimulasi cahaya. Perbedaan antara gelap dan terang bisa dikenali si kecil. Bunda bisa memilih tempat gelap untuk melakukannya. Cahaya bisa diperoleh dari senter yang diarahkan ke perut Bunda. Biasanya janin akan merespon dengan melakukan tendangan atau gerakan.

  • Usia 25-28 minggu

Organ-organ tubuh bayi sudah mulai lengkap. Bunda bisa memberinya beberapa stimulasi sekaligus. Ajak dia bermain dan bercerita. Jangan lupa untuk memberikan stimulasi secara teratur, namun tidak berlebihan.

  • Usia 29-kelahiran

Libatkan semua anggota keluarga untuk memberikan stimulasi pada si buah hati. Jadikan dia merasa bahwa kelahirannya sangat ditunggu. Berikan juga afirmasi-afirmasi positif untuk melancarkan proses persalinan.

Itulah beberapa informasi tentang stimulasi yang bisa Bidan Sela berikan. Pastikan untuk melakukannya secara teratur, supaya perkembangan otak tumbuh optimal. Jadikan kehamilan Bunda adalah suatu hal yang menyenangkan.