Tips Memilih Manajer Investasi  Bagi Investasi Reksa Dana

Dalam Investasi Reksa Dana bulanan terdapat pihak yang bertugas untuk mengelola modal para investor yang  disebut sebagai manajer investasi (MI). Selain untuk mengelola, manajemen investasi juga turut membantu memberikan saran dan strategi demi memberikan hasil yang maksimal bagi para investor. Akan tetapi, meskipun manajer investasi memiliki peran serta fungsi yang cukup penting, tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda sebagai investor berniat untuk memilih manajer investasi yang tepat. 

Maka dari itu, sebelum Anda melangkah lebih jauh, ada baiknya bagi Anda untuk membaca artikel dari klikMami berikut ini yang membahas tentang bagaimana cara memilih manajer investasi yang tepat dan bukan abal-abal. KlikMami merupakan bagian dari PT Manulife Aset Manajemen Indonesia yang berhasil meraih penghargaan Top Investment House in Asia Local Currency Bonds selama tiga tahun berturut-turut.

Investasi Reksa Dana bulanan
Investasi Reksa Dana bulanan
  1. Cari tahu izin kerja dari manajer investasi Reksa Dana Bulanan

Salah satu syarat utama yang harus dimiliki oleh manajer investasi sebelum akhirnya bisa memegang sebuah aset Reksa Dana para investor adalah soal izin kerja. Manajer investasi yang kredibel adalah mereka yang telah mengantongi izin dari berbagai pihak. Mulai dari otoritas pasar modal, serta otoritas jasa keuangan. Lantas, bagaimana cara para investor agar bisa melihat izin tersebut? caranya adalah dengan mengakses prospektus Reksa Dana, dimana disana terdapat beberapa izin umum bagi penyelenggara Reksa Dana.

  1. Mencari tahu pengalaman kerja manajer investasi 

Bagus atau tidaknya seorang manajer investasi mengelola modal yang investor miliki juga bisa dilihat dari pengalaman kerjanya. Manajer investasi harus memiliki pengalaman yang cukup terkait seberapa lama ia telah beroperasi, apa saja pengalaman yang telah ia lakukan dalam mengelola Reksa Dana, serta bagaimana skill yang dimilikinya untuk mengatur strategi portofolio para investor. 

  1. Melakukan cross checking 

Tak hanya dari satu sumber, tapi Anda juga harus melakukan riset dari berbagai sumber lainnya, atau yang bisa disebut dengan cross cheking. Setidaknya, Anda bisa memulainya dari mengecek institusi lain, website otoritas pasar modal OJK, dan dari berbagai sumber lainnya. Dengan melakukan cara ini, Anda sekaligus juga bisa mengetahui manajer investasi mana yang bermasalah dalam hal pengelolaan investasi. 

  1. Memantau kinerja manajer investasi 

Di poin terakhir, Anda juga harus mencari tahu tentang tingkat profesionalitas dan status legalitas yang dimiliki dari manajer investasi. Agar tak salah langkah, ada baiknya untuk Anda mengikuti semua poin diatas. 

Itulah tadi informasi singkat mengenai cara memilih manajer investasi yang tepat untuk investasi Reksa Dana bulanan Anda. salah satu yang bisa Anda jadikan referensi adalah klikMami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Artikel yang Direkomendasikan