// Prints all codes before tag. // Location: "views/general/header/_common.php" publisher_get_view( 'header', '_common', 'general' ); publisher_get_view( 'header', 'off-canvas', 'general' ); /** * Fires before ".main-wrap" start * * @since 1.9.0 */ do_action( 'publisher/main-wrap/before' ); // Activates duplicate posts removal temporarily for not counting posts inside mega menu publisher_set_global( 'disable-duplicate-posts', TRUE ); publisher_set_blocks_title_tag( 'p' ); ?>

Kapan Bisa Dikatakan Anak Mandiri?

Mempunyai anak dengan kepribadian yang mandiri merupakan impian semua orang tua pastinya. Tapi setiap anak terlahir dengan pribadi masing-masing. Kepribadian anak terbentuk bertahap tergantung pada pola pengasuhannya. Anak mulai dapat dilatih menjadi pribadi yang mandiri pada saat ia berusia 6 bulan. Namun waktu terbaiknya adalah ketika ia memulai umur 1 tahun karena pada umur tersebut si kecil sudah bisa mulai stabil dalam melakukan aktivitas.

Perilaku untuk merangsang kemandiriannya juga tidak hanya dilakukan sekali saja ya Moms. Harus dilakukan secara terus menerus agar si kecil tidak lupa dan menjadi kebiasaannya. Jika sudah berhasil melakukannya sebagai kebiasaan, inilah beberapa tanda anak bisa dikatakan menjadi anak yang mandiri.

Tanda-tanda bisa dikatakan anak mandiri

Mampu melakukan aktivitas sendiri

Anak dapat dikatakan menjadi anak yang mandiri ketika mampu melakukan aktivitasnya sendiri. Mulai dari makan atau bahkan mengganti bajunya sendiri.

anak mandiri
anak mandiri

Tentunya tidak semata-mata anak melakukan sendiri ya Moms, tetap harus dengan lindungan dan awasan orangtua. Sebagai orangtua harus tetap mengawal pertumbuhannya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mampu bersosialisasi

Mampu bersosialisasi dengan teman dan kerabat yang ia jumpai merupakan tanda bahwa si kecil sudah mandiri. Hal ini dapat diidentifikasi melalui perilaku dimana ia berani berkenalan bahkan menyapa teman sebaya ataupun keluarga sanak famili yang tidak biasa ia jumpai

Mampu mengontrol emosi

Kemampuan mengontrol emosi si kecil yang dapat ia lakukan secara bertahap juga menjadi tanda bahwa ia sudah menjadi anak mandiri. Ia tidak akan menangis ketika ditinggal oleh ibunya atau bahkan ia tidak akan marah ketika kesal dengan sesuatu yang tidak dapat ia atasi.

Mampu membuat keputusan

Pada dasarnya si kecil sudah bisa memilih mana yang ia mau dan mana yang tidak. Ketika si kecil sudah mampu memutuskan apa yang ia inginkan berarti tandanya ia sudah mandiri ya Moms. Jangan sekali-kali mencegah apa yang ia putuskan dan tetaplah memberi arahan agar ia tidak salah memilih.

Dalam tumbuh kembangnya menjadi anak yang mandiri tentunya membutuhkan banyak sekali tenaga yang ia keluarkan untuk belajar hal baru. dukung pertumbuhannya dengan nutrisi lengkap yang terkandung dalam S-26 Nutrisure. Agar kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi.