Terbaru

Merawat Kecantikan Kulit Wajah Agar Tetap Sehat dan Kencang

Kulit sebagai bagian tubuh terluar sangat mudah untuk terkontaminasi dengan kotoran atau bakteri lainnya. Selain itu, kulit wajah termasuk bagian tubuh yang paling berisiko mengalami iritasi karena hampir setiap hari terbalut oleh make-up, terpapar sinar matahari, dan juga polusi. Maka dari itu, kulit wajah sering mengalami banyak masalah, seperti kusam, jerawat, flek hitam, dan keriput.

merawat kecantikan kulit
merawat kecantikan kulit

Setiap orang dituntut untuk menjaga kesehatan kulitnya sehari-hari. Bila mengabaikan gangguan kesehatan kulit sekecil apapun bisa memicu munculnya gangguan kesehatan yang serius. Kesehatan kulit yang terganggu juga bisa membuat Anda tidak percaya diri. Maka dalam artikel, kita akan bahas tentang bagaimana cara merawat kecantikan kulit wajah Anda:

  • Rutin Membersihkan Wajah dan Menggunakan Pelembap

Salah satu merawat kecantikan kulit adalah dengan cara membersihkan wajah secara rutin dari kotoran dan juga bakteri. Jika Anda merasa kulit menjadi kering, sebaiknya gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

  • Tidur cukup

Mencukupi kebutuhan tidur sangatlah penting bagi kecantikan dan kesehatan kulit wajah, jika Anda ingin kulit wajah Anda kencang dan tampak awet muda. Bila Anda kurang tidur, hal ini dapat membuat kulit wajah Anda terlihat lelah dan kusam. Bila Anda terlalu sering kurang tidur, maka akan berimbas pada munculnya kantung mata atau lingkaran gelap di bawah mata.

  • Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Tips kecantikan dan kesehatan wajah yang perlu juga Anda perhatikan adalah dengan melindungi kulit Anda dari sinar matahari khususnya di saat matahari berada pada intensitas tertingginya yaitu 10.00 sampai 16.00. Selalu gunakan sun protection yang memiliki SPF lebih dari 15 dengan menerapkannya sekitar 20 menit sebelum Anda beraktivitas keluar dan kenakan juga pakaian pelindung, seperti baju dengan lengan panjang, celana panjang, atau topi. Terapkan hal ini, maka kulit wajah Anda akan senantiasa tampak awet muda secara alami.

  • Kendalikan Stress

Stres bisa mendorong kelenjar adrenal untuk menghasilkan kortisol, yang merupakan hormon utama penyebab stres yang  menjadi salah satu penyebab produksi lemak berminyak dari kelenjar sebaceous. Bila jumlah lemak berminyak terlalu banyak bisa menutup pori-pori kulit dan menjebak bakteri penyebab jerawat di dalamnya. Maka dari itu, merawat kecantikan kulit yang dapat Anda terapkan.