Terbaru

Wajib Tahu ! Alasan Kabel Aki Mobil Harus Rutin Diganti

Aki mobil adalah salah satu bagian penting dalam operasional mobil Anda. di dalam aki mobil terdapat kabel yang memegang peranan vital dalam rangka transfer arus listrik dari mesin aki ke semua komponen yang membutuhkan listrik dalam pengoperasionalannya, semisal starter, altenator, dan fuse box. Salah satu kerusakan yang sering ditemukan pada kabel aki ini adalah korosi. Perlu diingat, posisinya yang berada di antara aki dan komponen elektrikal lain inilah yang mendoraong munculnya korosi pada ujung kabelnya.

Salah satu bengkel ternama, montir.id menjelaskan bahwa kerusakan pada kabel aki ini tidak bisa diperbaiki. Satu satunya cara yang bisa dilakukan pada kabel aki yang mengalami korosi adalah dengan mengganti kabel aki yang baru. Kabel aki yang mengalami korosi harus secepatnya diganti, mengingat korosi pada ujung kabel ini akan menghambat tranfer listrik ke bagian mesin lain.

aki mobil
aki mobil

Bagaimana cara kita mengetahui bahwa kabel aki minta diganti dengan yang baru? Berikut ini adalah ciri ciri yang perlu Anda ketahui terkait hal yang menandakan perlu ganti kabel aki mobil:

  1. Mobil susah saat di starter, atau bahkan sama sekali tidak bisa
  2. Saat Anda membunyikan klakson atau radio, sistem tidak dapat bekerja maksimal. Misalnya bunyi klakson yang lemah.
  3. Saat menyalakan lampu, terlihat lampu redup tidak berfungsi seperti biasa
  4. Korosi yang nampak pada terminal aki

Biasanya jika mobil mengalami masalah diatas, pihak montir akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap aki dan kabel aki yang tersambung pada terminalnya. Jika ditemukan korosi parah (ditandai dengan warna hijau atau putih) maka penggantian kabel aki mutlak diperlukan. Anda bisa memilih kabel aki dengan kualitas terbaik, karena fungsi kabel ini untuk menyalurkan lonjakan listrik yang tinggi.

Salah satu bengkel berkualitas yang menyediakan layanan ganti kabel aki mobil adalah montir.id. Untuk menggunakan jasa layanan ini, kunjungi website resminya. Kemudian segera booking dengan cara mengisi kebutuhan yang Anda perlukan (jenis servis, jenis mobil, dan informasi pribadi berupa nama, lokasi dan nomor telepon). Dapatkan harga yang bersaing dengan layanan servis dari situs ini.

Salah satu bengkel berkualitas yang menyediakan layanan ganti kabel aki mobil adalah montir.id.