Terbaru

Merawat Aki Mobil Agar Tidak Mudah Habis

Merawat Aki Mobil Agar Tidak Mudah Habis

Aki merupakan salah satu komponen penting bagi setiap kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat. Komponen yang satu ini berfungsi sebagai energi listrik, seperti menghidupkan starter, menghidupkan lampu, AC dan lain sebagainya.

Agar kendaraan seperti mobil anda dapat bekerja secara optimal, maka pastikan akinya tidak kehabisan. Jika aki anda sudah habis maka anda bisa menghubungi Montir.id yang akan melayani ganti aki mobil 24 jam. Hal ini tentunya sangat baik, sehingga anda bisa mengganti aki anda kapan saja. Mengingat fungsinya yang lumayan penting, maka kita harus merawat aki dengan baik, sehingga tidak mudah cepat habis.

ganti aki 24 jam
ganti aki mobil 24 jam

Untuk itu ikutilah tips dibawah ini:

Cek jumlah elektrolit aki.

Pertama-tama dalam merawat aki yang harus anda lakukan adalah memeriksa elektrolit aki secara rutin dan berkala, baik itu satu bulan sekali dan sebagainya. Perhatikanlah jika jumlah aki sudah berada pada garis lower level, itu artinya aki anda sudah habis dan perlu ditambah lagi. Keberadaan elektrolit inilah yang berperan prnting dalam pengisian dan pengeluaran aki. Maka jika jumlahnya kurang, kinerja aki akan terganggu. Seperti starter susah dihidupkan, dan lain sebagainya.

Cek terminal baterai

Selain elektrolit, anda juga harus selalu mengecek terminal baterainya. Anda bisa memeriksanya secara visual yaitu dengan memastikan terminal baterai tersebut tidak berkarat. Karena karat atau jamur yang dibiarkan menempel dapat menimbulkan korosi pada aki. Untuk membersihkannya cukup dengan menyiramnya dengan air panas. Jika memang kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk dipakai, lebih baik ganti dengan yang baru.

Panaskan mobil meskipun tidak dipakai

Perlu anda ketahui bahwa aki kendaraan bisa mengalami self discharge yang mana kapasitas baterai bisa berkurang dengan sendirinya meskipun mobilnya tidak kita gunakan. Untuk mengatasinya anda harus memanaskan mesinnya, apalagi jika mobil tersebut jarang dipakai. Hal ini bertujuan untuk baterai aki terisi kembali. Tidak perlu lama-lama, cukup 15 menit saja. Karena jika tidak, mobil anda akan susah untuk dihidupkan karena memang akinya habis.

Itulah beberapa tips merawat aki mobil agar tidak mudah habis. Untuk itu kunjungilah Montir.id yang melayani berbagai kebutuhan otomotif anda, salah satunya ganti aki 24 jam.