Terbaru

Sebaiknya Ganti Oli Mobil Setiap Berapa KM?

 

Mungkin masih banyak yang tidak tahu sebaiknya ganti oli mobil setiap berapa kilometer? Ada yang bilang setiap 10.000 kilometer ada juga yang bilang 5.000 kilometer. Jadi mana yang benar? Sebagai seorang pengendara harusnya anda mengetahui kapan sabaiknya anda mengganti oli mobil anda. Untuk itu kami akan memberikan ulasan mengenai waktu mengganti oli mobil yang ideal.

Umumnya untuk mengganti oli mobil memang tidak boleh melebihi dari 10.000 kilometer, sehingga banyak yang menyarankan untuk mengganti oli mobil pada kisaran di atas 5.000 kilometer, sekitar 6.000 atau 7.000 kilometer. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda berkendara.

Misalnya saja jika anda tinggal di kota besar seperti Jakarta yang biasa dengan situasi macet sehingga membuat anda berkendara selama 2 jam untuk jarak tempuh 10 meter. Pada saat mobil terjebak macet, mesin mobil yang masih menyala akan terus berputar sehingga hal ini juga mempengaruhi usia oli yang meliputi panas mesin, fisik oli dan usia penggunaan oli.

ganti oli mobil
ganti oli mobil

Sehingga hal ini menimbulkan odometer tidak dapat mengukur secara tepat, mungkin di situ tertulis hanya 10 kilometer jarak yang anda tempuh pada saat terjebak macet, sementara mungkin sebenarnya anda telah menempuh jarak 100 kilometer atau lebih karena mobil hanya diam karena terjebak macet tapi mesin tetap berputar.

Berbeda dengan jika anda tinggal di daerah perkampungan yang masih lengang kondisi lalu lintasnya sehingga dalam waktu 2 jam anda bisa mempuh waktu 150 kilometer dengan kecepatan 70 hingga 80 km/jam.

Dengan ini ada perbedaan bagi anda yang tinggal di perkotaan yang sarat dengan macet dan dengan anda yang tinggal di jalanan yang kondisinya masih terbilang lancar untuk ganti oli mobil.

Sebaiknya anda mengganti oli pada kisaran 5.000 kilometer untuk yang sering terkena macet sementara anda bisa mengganti oli mobil anda dalam kisaran 7.000 kilometer untuk anda yang tidak pernah terkena macet di jalan.

Tapi sebenarnya paling idealnya anda mengganti oli mobil hanya di kisaran 6.000 hingga 7.000 kilometer untuk keamanan mobil anda dan agar lebih ekonomis.

Nah, itulah tadi tips ganti oli mobil yang sesuai ala TOP One, oli mobil terbaik di Indonesia yang memiliki kualitas terbaik namun dengan harga yang terjangkau.