Terbaru

Beragam Makanan Yang Mengandung Protein

Beragam Makanan Yang Mengandung Protein

0

Agar tubuh kita senantiasa memperoleh asupan gizi yang lengkap dan seimbang, maka kita harus mengetahui beragam jenis makanan yang mengandung nutrisi gizi yang lengkap dan seimbang tersebut. Salah satu jenis gizi yang harus dikonsumsi oleh tubuh manusia adalah protein.

Protein merupakan senyawa organik komplek berbobot molekul besar yang terdiri dari asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor.

Mau tidak mau kita harus selalu mengkonsumsi beragam makanan yang mengandung protein tersebut setiap harinya agar tubuh kita akan selalu tercukupi kebutuhannya akan protein. Kebutuhan tubuh akan protein tersebut mutlak harus terpenuhi karena protein berperan penting dalam pembentukan struktur, fungsi, regulasi sel-sel makhluk hidup dan virus. Protein juga bekerja sebagai neurotransmiter dan pembawa oksigen dalam darah (hemoglobin). Protein juga berguna sebagai sumber energi tubuh.

makanan yang mengandung protein
makanan yang mengandung protein

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung protein yang bisa anda pilih untuk anda konsumsi setiap hari. Adapun beberapa jenis makanan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Daging sapi tanpa lemak mengandung protein sekaligus zat besi, seng, dan vitamin B 12. Selain itu, Anda dapat memilih daging unggas putih, seperti ayam. Hindari mengonsumsi bagian kulit seperti kulit ayam, karena banyak mengandung lemak jenuh.
  • Seafood atau makanan laut merupakan sumber protein yang umumnya rendah lemak.
  • Telur merupakan makanan kaya protein dengan harga yang relatif terjangkau.
  • Kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang tinggi serta serat hingga dapat membuat rasa kenyang yang lebih lama.
  • Kedelai merupakan protein yang mampu membantu menekan kolesterol. Asupan ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Anda juga dapat memilih olahan kedelai seperti tahu atau tempe.
  • Susu, keju, dan yoghurt sebagai makanan yang kaya asupan protein, sekaligus kalsium dan vitamin D. Pilih yang rendah lemak.

Nah, untuk lebih mengetahui tentang berbagai hal yang berkaitan dengan jenis makanan yang mengandung protein serta berbagai informasi lainnya tentang kesehatan, maka anda bisa mengunjungi website Sahabat Nestle yang bisa anda akses di alamat www.sahabatnestle.co.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.