Terbaru

Komposisi Gizi Makanan Sehat Untuk Anak

0

 

Makanan Sehat Untuk Anak
Makanan Sehat Untuk Anak

Yang disebut dengan makanan sehat untuk anak adalah makanan yang memiliki komposisi sempurna dalam hal kandungan gizinya. Sempruna disini berarti bahwa makanan tersebut kaya dengan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh anak serta seimbang dalam artian bahwa makanan tersebut memiliki kandungan gizi yang lengkap dan jumlah kadarnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Makanan sehat untuk anak tersebut sebetulnya sudah bisa diformulasikan, sehingga para orang tua tidak perlu kebingungan memilih jenis makanan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Formula makanan sehat untuk anak terwujud dalam makanan 4 sehat 5 sempurna, yang mana hampir setiap orang sudah mengetahuinya. Komposisi makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan komposisi sempurna yang dikategorikan sebagai makanan sehat yang sangat dianjurkann untuk dikonsumsi oleh anak. Komposisi gizi makanan tersebut sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, ini merupakan sebuah komposisi gizi yang terbilang hampir tidak memiliki kekurangannya. Keseimbangan gizi yang dikandungnya juga yang menyebabkan makanan tersebut sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak demi mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara baik dan normal.

Komposisi gizi makanan sehat untuk anak yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi yang terformulakan dalam makanan 4 sehat 5 sempurna adalah sebagai berikut :

  • Makanan Pokok.
    Makanan pokok sebagai sumber energi berasal dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, gandum dan lain sebagainya.
  • Lauk Pauk.
    Lauk-pauk merupakan jenis makanan pendamping untuk makanan pokok. Pada dasarnya lauk pauk mengandung protein nabati maupun hewani dan menjadi sumber zat pembangun yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya seperti tahu, tempe, ikan, daging merah, telur dan masih banyak lagi.
  • Sayuran
    Sayur mayur adalah makanan sehat yang mengandung protein nabati, serat dan vitamin yang baik bagi kesehatan anak dan organ pencernaan, contohnya seperti sawi, brokoli, bayam dan lain sebagainya.
  • Buah-buahan.
    Buah-buahan mengandung berbagai macam vitamin dan serat yang baik bagi kesehatan anak.
  • Susu
    Meskipun susu hanyalah makanan pelengkap saja, akan tetapi mengkonsumsi susu secara teratur sangat baik bagi kesehatan anak. Banyak kandungan bermanfaat yang terdapat dalam segelas susu yang dapat membantu menjaga kesehatan anak dan membentuk tulang yang kuat.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.