Terbaru

3 College in Indonesia Tertua

College in IndonesiaIndonesia yang memiliki bentangan wilayah yang amat luas ini tentunya juga memiliki banyak sekali tempat belajar. Sebuah bangsa yang besar tentu juga telah mencetak anak-anak negeri terbaik dari berbagai perguruan terbaik pula. Tidak dapat dipungkiri pula, ada banyak mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang dapat mencetak prestasi membanggakan baik itu di ranah nasional maupun dunia.

Perguruan tinggi Indonesia pertama kali didirikan di tahun 1851. Berdasarkan data DIKTI sampai kini telah tercatat Indonesia mempunyai 2.433 Sekolah Tinggi, 1.101 Akademi, 250 Politeknik, 558 Universitas dan juga 148 Institut.

3 College in Indonesia Tertua

Tentu saja kita tidak akan membahas semua perguruan tinggi tersebut diatas satu-persatu. Tapi, kali ini kita akan membahas sedikit College in Indonesia Tertua tertua yang telah mencetak banyak anak negeri berbakat dan membanggakan tersebut:

  1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia adalah universitas tertua yang ada di Indonesia. UI telah didirikan sejak tahun 1851 yakni oleh pemerintah kolonial Belanda. Pada masa itu universitas ini didirikan dengan tujuan menciptakan asisten dokter tambahan. Setiap lulusan dari Universitas Indonesia pada periode itu diberi gelar dengan Dokter Jawa. Hal tersebut dikarenakan dokter yang  telah bersertifikat hanya diberikan izin untuk membuka praktek pada beberapa wilayah Hindia Belanda, utamanya di Pulau Jawa.

2. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga telah berdiri sejak tahun 1913. Universitas ini berawal dari lembaga pendidikan Belanda yaitu Nederlands Indische Artsen School (NIAS) dan School Tot Opleiding Van Indsiche Tandartsen (STOVIT). Keduanya telah berdiri sejak tahun 1913 dan 1928 yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda. Pada tahun 1954 Universitas Airlangga telah diresmikan sebagai pendidikan tinggi pertama di kawasan timur Indonesia oleh Presiden RI pertama, Dr. Ir. Soekarno.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB telah berdiri sejak tahun 1920 berdasarkan inisiatif swasta dengan nama Technische Hogeschool Bandoeng (THS). Institute ini merupakan perguruan tinggi pertama yang dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda. Nama lain dari ITB sebelumnya adalah Het Koninklijk Instituut Voor Hooger Technisch Ondrwijs in Nederlansch-Indie. Tapi semenjak tahun 1959 disebut sebagai Institut Teknologi Bandung sebab letaknya yang berada di Bandung.

Itulah review mengenai 3 College in Indonesia Tertua yang dapat kami bagikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.