Terbaru

Tahapan Perkembangan Anak Bersama Dancow

 

Bayi atau balita merupakan tahapan di mana pertumbuhan dan perkembangan berjalan cukup cepat. Bayi yang baru lahir hingga usia 5 tahun memiliki daya tumbuh kembang anak yang bagus. Pada masa itu, sel-sel dalam tubuh serta kemampuan fisik dan juga kongnitifnya berkembang dengan pesat. Pada masa itu pula, seorang Bunda harus bisa memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anaknya.

Bagi Bunda yang memiliki seorang bayi atau balita sebaiknya memberikan respon dan tanggapan yang baik terhadap apapun yang dilakukan anaknya. Maksudnya,  Bunda harus ekstra peka terhadap perilaku dan tingkah laku Si Kecil. Selain itu, yang paling penting adalah Bunda harus mengetahui berbagai tahapan pertumbuhan Si Kecil. Berikut informasinya.

tumbuh kembang anak

Pertama,tumbuh kembang anak mulai terjadi ketika bayi lahir maka berat badan yang ideal dimilikinya yaitu 3,25 Kg. pada masa ini bayi hanya bisa menangis. Pada usianya 2 bulan, berat badan yang idealnya adalah 4-6,5 kg. Pada usia tersebut bayi mulai bisa mengangkat kepalanya ketika Bunda meletakannya tengkurap. Selain itu, bayi mulai bisa berkata meskipun hanya berkata “Aaa” atau “Oww”. Nah, sebaiknya Bunda mulai mengajak ngobrol si bayi.

Kedua, pada usia 3-5 bulan. Berat badan yang idealnya yaitu 5-8 kg. pada usia ini bayi sudah bisa menggenggam atau memegang benda serta bayi juga sudah bisa tertawa ataupun berteriak bahkan bisa menoleh ketika dipanggil. Ketiga, 6-9 bulan, perkembangan sensor motoriknya sudah berkembang dengan pesat. Ia sudah mampu berdiri meskipun menggunakan alat bantu. Berat badan yang ideal pada usia tersebut sebesar 7-11 kg. Keempat, usia 10-12 bulan. Bayi idealnya sudah bisa berdiri tanpa menggunakan alat bantu. Selain itu, Bayi sudah bisa menunjuk sesuatu bahkan tersenyum.

Itulah beberapa informasi yang bagus untuk Bunda. Informasi tersebut diharapkan bisa bermanfaat untuk Bunda dalam mengontrol dan memantau pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak, Bunda bisa memberikan gizi yang baik untuk Si Kecil seperti Susu Dancow. Informasi lengkap lihat www.dancow.co.id.