Terbaru

Pantangan Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

Kehamilan trimester pertama merupakan kehamilan pada usia awal dimana usia kandungan dari 1-12 minggu. Pada kehamilan trimester pertama merupakan salah satu masa tersulit dalam kehamilan. Pasalnya pada usia tersebut, seorang ibu hamil akan banyak sekali menerima perubahan, belum lagi masa itu merupakan masapembentukan bakal calon bayi anda.

Oleh karenanya memastikan makanan yang dimakan oleh seorang ibu merupakan makanan untuk ibu hamil trimester pertama yang sehat adalah hal yang seharusnya. Guna mengkonsumsi makanan yang sehat, anda sebaiknya mengetahui beberapa makanan pantangan yang harus dihindari seorang ibu hamil di trimester pertama.

Pertama, buah pepaya yang belum masak. Buah-buahan memang merupakan makanan untuk ibu hamil trimester pertama yang disarankan. akan tetapi pada pepaya yang belum masak, sebenarnya itu dilarang untuk dikonsumsi.

Pasalnya, buah pepaya yang setengah matang atau mentah karena tingginya kandungan lateks yang akan memiliki efek samping rahim berkontraksi terutama pada masa awal kehamilan.

Kedua, selain pepaya yang kurang matang, daun dari buah pepaya juga merupakan makanan yang sangat dilarang pada kehamilan masa pertama. Daun pepaya bila dikonsumsi oleh ibu hamil dapat menjadi pemicu kerapuhan pada ari-ari janin yang mommy kandung.

Ketiga, daging yang tidak diolah secara matang. Daging mentah merupakan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Daging mentah bisa mengandung sumber penyakit seperti toksoplamsa, salmonella dan E. colli. Semua bakteri ini bisa menyebabkan janin mengalami masalah kesehatan dan bahkan keguguran.

Keempat, Berbagai makanan yang dimasak secara mentah baik dari golongan sayuran, telur, dan yang lainnya merupakan makanan yang dilarang. Pasalnya makanan yang tidak masak berpotensi mengandung bakteri yang bisa jadi berbahaya dan menghambat perkembangan janin.

Kelima, Kopi merupakan salah satu minuman yang juga sangat berbahaya bila dikonsumsi ibu yang tengah hamil muda. Kopi mengandung kafein yang cukup tinggi. Asupan kafein yang berlebihan pada ibu hamil yang sedang berada dalam masa kehamilan trimester pertama akan mengganggu perkembangan janin dan bisa jadi mengalami keguguran.