Terbaru

Tips Memilih Daging yang Segar

Daging merupakan salah satu bahan makanan yang biasanya rutin kita konsumsi. Akan tetapi saat akan membeli sebuah daging kita harus mampu memilih daging dalam kondisi yang baik sehingga ketika kita mengolah dan mengkonsumsi daging tersebut kita akan mampu terhindar dari berbagai macam resiko gangguan kesehatan yang bisa ditimbulkan karena kita salah memilih daging dengan kondisi yang tidak sehat dan tidak baik.

Bagi sebagian orang yang awam dan tidak mengetahui ciri-ciri sebuah daging yang baik, tentunya akan merasa kesulitan saat membedakan daging dengan kualitas yang baik dan layak konsumsi.

Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan ketika akan memilih sebuah daging dengan kondisi yang baik. Tips tersebut adalah :

  • Perhatikan warna daging yang akan kita beli. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk membedakan daging yang segar dan layak konsumsi adalah dengan memperhatikan wana daging tersebut. Daging sapi segar dan layak konsumsi biasanya berwana merah dan tidak pucat. Hal tersebut berbeda dengan daging sapi yang sudah busuk dan tidak layak konsumsi, biasanya daging tersebut akan berwana pucat bahkan di beberapa bagian akan terlihat berwarna hijau atau hitam
  • Tekstur daging. Selain warna, tekstur daging juga akan membedakan mana daging yang segar dan layak konsumsi dengan daging yang sudah membusuk. Daging yang memiliki kualitas yang sangat baik memiliki tekstur yang kenyal dan apabila ditekan akan kembali pada posisi semula. Hal tersebut berbeda pada daging yang memiliki kualitas yang buruk atau sudah membusuk. Biasanya daging tersebut memiliki tekstur yang lembek.
  • Aroma atau bau. Cirri-ciri daging yang segar juga bisa kita temukan dari baud aging tersebut. Daging yang dalam kondisi baik dan layak konsumsi biasanya tidak berbau atau memiliki bau khas. Berbeda dengan daging yang sudah membusuk pasti akan mengualrkan aroma yang tidak sedap.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa kita praktekan saat kita akan memilih sebuah daging dengan kondisi yang baik dan layak konsumsi.