Terbaru

Yang Perlu Dilakukan Sebelum Membuat Menu Diet

Makanan sangat penting sekali bagi berlangsungnya kehidupan, terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan. Makan makanan yang berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan, namun terkadang makanan yang dimakan rasanya tidak banyak tetapi mengapa berat badannya bertambah terus! Makan yang baik adalah makan yang cukup dengan kapasitas perut, jangan sudah merasa kenyang tetapi sayang dengan makanannya tetap dihabiskan, maka yang akan terjadi adalah perut akan terasa sakit dan makan secara berlebih memang sangatlah tidak baik. Pada saat berat badan semakin terus bertambah bagi sebagain orang sudah merasa bahwa badannya tidak aman dan biasanya akan segera membuat menu diet untuk mengurangi berat badannya tersebut.

Menu diet sangat beragam semua bisa melakukan diet sesuai dengan kemampuannya, namun dalam melakukan diet tetap harus hati-hati dan mempertimbangkan berbagai hal terutama kondisi tubuh pada saat melakukan diet. Bagi yang belum pernah melakukan diet memang sangat berat untuk melakukannya, berbeda dengan yang sudah terbiasa dengan pola makan yang teratur dan melakukan diet. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan diet. Diantaranya :

  • Pahami terlebih dahulu tentang diet sehat dan seimbang. Dalam hal ini yang mau diet sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi, karena dengan diet sembarangan salah salah malah menjadi sakit.
  • Perhatikan kebutuhan kalori. Makanlah dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan kalori tubuh, karena setiap orang tentunya memiliki kebutuhan kalori yang berbeda bergantung, jenis kelamin, usia dan tingkat aktivitas.
  • Kebutuhan makronutrient harus tercukupi. Kebutuhan makronutrient juga harus anda perhatikan, karena tidak kalah pentingnya dengan kebutuhan kalori tubuh.
  • Harus memenuhi kebutuhan micronutrient. Asupan mikronutrient dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran segar.
  • Harus konsisten. Diet hanya akan berhasil bila konsisten menjalankannya, karena diet merupakan suatu kebiasaan yang akan diulang.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas jadi lebih mengetahui bagaimana diet itu dilakukan, setelah mengetahui untuk apa program diet dilakukan barulah menyusun menu diet seperti apa yang akan dikonsumsi pada saat melakukan diet.