Terbaru

Berbagai Penyakit Gangguan Tumbuh Kembang

Tumbuh kembang anak adalah hal yang menarik perhatian buat para ibu atau ayah, apalagi untuk pasangan orang tua muda. Mereka selalu memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anaknya secara detil. Dari mulai tahapan pertumbuhan fisiknya ataupun tahapan perkembangan mental, sosial, dan spiritualnya. Jika ada satu saja tahapan pertumbuhan atau perkembangan anak yang tidak sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan sebayanya,pasti menimbulkan rasa cemas yang selalu terpikirkan. Salah satu penyebab yang dapat mempengaruhi terlambatnya perkembangan anak adalah musibah sakit.

Berikut adalah beberapa penyakit yang harus segera diantisipasi sejak dini. Karena penyakit-penyakit berikut sangat merugikan tumbuh kembang anak.

  • Cerebral palsy adalah sebuah enghambat tumbuh kembang anak yang disebabkan oleh gangguan atau kerusakan sel motorik system saraf pusat sehingga mengakibatkan baik perkembangan atau pertumbuhan seorang anak tidak mengalami kemajuan.
  • Gangguan Bicara adalah salah satu pertanda bahwa seorang anak mengalami gangguan perkembangan. Karena kemampuan berbicara sangat erat kaitannya dengan kesehatan otak. Bisa jadi, penyebab gangguan berbicara ini disebabkan oleh kurangnya rangsangan yang diterima anak sehingga sulit memproduksi bhasa atau berbicara.
  • Gangguan Autisme adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak yang bersifat sangat luas dan mendalam. Gangguan autism ini biasanya berpengaruh pada bidang interaksi dengan pihak lain atau lingkungan sekitar termasuk dalam hal komunikasi. Gangguan autisme ini bisa dilihat pada usia anak ketika batita atau masih di bawah tiga tahun..
  • Hiperaktif adalah gangguan pada anak yang sangat susah memokuskan perhatian. Anak penderita hiperaktif akan sangat aktif beraktifitas diluar kebiasaan anak normal.

Penyakit gangguan-gangguan tumbuh kembang yang dijelaskan di atas, idealnya dapat ditemukan sedini mungkin. Supaya gangguan-gangguan tersebut bisa teratasi segera dan bisa disembuhkan. Segera konsultasikan dengan ahlinya baik dokter spesialis saraf, psikiater, atau para pakar lain yang mendalami bidang ini. Adapun  salah satu usaha pencegahan supaya tidak terjadi gangguan-gangguan tumbuh kembang tersebut bisa dilakukan dengan cara memperhatikan asupan gizi ketika janin masih di dalam kandungan. Misalnya saja si ibu hamil rajin mengonsumsi susu khusus ibu hamil yang diproduksi nestle.