Terbaru

Pengaruh Terbesar Dalam Tumbuh Kembang Anak

Pada umumnya proses pertumbuhan dan perkembangan pada setiap manusia akan berlangsung mulai dari dalam kandungan hingga masa kanak-kanak dan remaja. Pada anak usia balita, proses tumbuh kembang mereka akan berjalan lebih cepat dan berhenti setelah mereka melewati usia remajanya.

Masa tumbuh kembang anak tentu perlu didukung oleh berbagai hal seperti asupan makanan yang bergizi, stimulasi sejak dini, dan kasih sayang dari kedua orangtuanya, agar otak dan fisik si kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal dan menjadi anak yang sehat juga cerdas seperti yang diharapkan oleh kedua orang tuanya.

Pertumbuhan dan perkembangan pada anak merupakan dua hal yang berbeda namun saling berkaitan dalam hal perubahan fisik dan otak si kecil. Pertumbuhan anak adalah proses perubahan fisik anak mulai dari berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan sebagainya. Sedangkan perkembangan anak adalah bertambahnya kemampuan kerja dan fungsi otak pada anak yang dapat terlihat jelas dari sikap atau prilaku anak dalam melakukan aktivitasnya, seperti kemampuan berbicaranya, kemampuan berjalannya, sosialisasinya, kemandiriannya, hingga tingkat kecerdasan di masa tumbuh kembangnya.

Setiap anak akan menjalani proses tumbuh kembang otak dan fisik yang berbeda-beda. Pada umumnya proses pertumbuhan dan perkembangan anak ini dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya :

  • Faktor genetik atau faktor keturunan, dimana tumbuh kembang pada anak dapat dilihat dari keadaan kedua orangtuanya atau keluarganya baik dari segi fisik si kecil maupun dalam tingkah lakunya.
  • Faktor lingkungan yang meliputi pengaruh asupan nutrisi terhadap anak sejak ada dalam kandungan ibunya hingga terpenuhi atau tidaknya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak setelah ia lahir dan menjalani proses tumbuh kembangnya. Jika keadaan lingkungan ini baik, maka dapat berpengaruh baik terhadap tumbuh kembang anak. Sebaliknya, jika faktor lingkungan yang diterima oleh si kecil ini kurang baik, maka terdapat kemungkinan adanya hambatan dalam proses tumbuh kembang fisik dan otak si kecil dimasa yang akan datang.
  • Faktor psikososial, yaitu faktor tumbuh kembang pada anak yang dapat dilihat dari seberapa jauh orang tua telah memberikan ia stimulasi, motivasi, dan cara belajar yang benar.

Untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang anak, maka anda harus memenuhi asupan nutrisi yang lengkap pada si kecil melalui makanan empat sehat lima sempurna termasuk susu dancow yang sesuai dengan usia si kecil saat ini.