Terbaru

Resep Masakan Rawon Daging Menggugah Selera

Kita patut bersyukur ditakdirkan hidup di Indonesia yang sangat kaya akan warisan kuliner nenek moyang yang melegenda. Setiap daerah di negara kita pastinya memiliki resep masakan turun temurun yang selalu terjaga dari generasi ke generasi. Berbagai jenis masakan nusantara sangat khas karena bumbunya yang berasal dari aneka rempah, sehingga membuatnya seakan bergoyang di lidah anda saat menikmatinya. Salah satu masakan yang wajib anda coba adalah rawon daging, sebagai masakan khas Jawa Timur yang aromanya seolah menari-nari di hidung anda dan menjadi magnet bagi anda untuk segera menikmatinya. Melalui tulisan ini, kami ingin mengajak anda untuk membuat sendiri rawon daging di rumah dengan takaran bumbu sesuai selera. Berikut resepnya yang bisa anda ikuti dengan mudah.

  • Siapkan bahan utama dan bumbu rawon daging

Bahan yang perlu disiapkan diantaranya 500 gram daging sapi yang telah diiris tipis selebar 3 jari, 2 batang daun serai yang telah dimemarkan, 1 ruas lengkuas, 1 genggam tauge, secukupnya daun jeruk, secukupnya daun salam, air, secukupnya garam, secukupnya minyak goreng, dan 2 buah tomat yang telah diiris tipis. Untuk bumbu yang dihaluskan, siapkan 4 buah cabe rawit merah atau sesuai selera, 4 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 buah kluwek yang diambil isinya dan rendam ke dalam air panas, 2 cm kunyit, 2 cm jahe, 2 buah kemiri, ketumbar secukupnya, 1 ruas asam jawa, 3 batang daun bawang yang diiris kecil, dan garam secukupnya. Untuk bahan sambal, siapkan 5 buah cabe rawit merah atau sesuai selera, 4 butir bawang merah, 1 bungkus terasi, garam dan gula secukupnya.

  • Cara membuat rawon daging khas Jawa Timur

Setelah semua bahan tersedia, anda bisa langsung pada langkah pembuatannya yang dimulai dari menumis semua bumbu halus sampai tercium aroma harum lalu sisihkan. Berikutnya rebus air bersama serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam lalu masukkan daging yang telah dipotong sampai empuk. Masukkan bumbu yang telah ditumis, aduk rata. Tambahkan garam dan gula secukupnya lalu aduk terus sampai kuah mendidih. Masukkan potongan tomat lalu masak lagi sebentar, angkat dan sajikan. Rawon daging lezat telah siap disajikan.

Itulah resep masakan rawon daging beraroma menggugah selera, selamat mencoba!