Terbaru

Best Sukiyaki Jakarta Versi Kanto

Sukiyaki adalah salah satu masakan khas Jepang yang berupa irisan daging sapi tipis dengan tambahan sayuran dan tahu. Best Sukiyaki Jakarta menggunakan aneka sayuran yang terdiri dari sawi putih, daun bawang, jamur shittake, jamur enoki, bawang bombay serta konnyaku atau shirataki yang berbentuk seperti soun. Awalnya masakan sukiyaki ini dikenal dengan sebutan Gyunabe terutama pada masa sebelum Perang Dunia II. Gyunabe memiliki arti daging sapi dalam panci. Kepopuleran sukiyaki terutama semakin meluas setelah masa dari restorasi Meiji di Jepang. Sukiyaki sendiri memiliki dua versi, yaitu versi Kansai serta versi Kanto. Perbedaan antara kedua versi sukiyaki ini terdiri dari cara memasak serta bumbu yang digunakan.

Sukiyaki versi Kanto sendiri cukup populer karena saus khusus yang digunakan di dalamnya. Sajian saus dalam masakan sukiyaki versi Kanto ini terbuat dari mirin, kecap asin, gula pasir serta dashi. Dashi merupakan kaldu yang terbuat dari rumput laut serta ikan cakalang. Kedua bahan kemudian diserut dan difermentasikan agar menjadi kaldu. Campuran dari aneka bahan ini kemudian dikenal dengan nama saus Warishita. Dalam proses pembuatan dashi, seringkali akan ditambahkan pula mirin, jamur dan juga kecap Jepang. Mirin termasuk penting dalam pembuatan sukiyaki mengingat kadar alkohol di dalamnya bisa meminimalisir adanya bau amis serta hancurnya bahan dalam proses pemasakan.

Kegunaan lain dari mirin adalah sebagai penambah untuk rasa manis. Mirin bisa diganti dengan menggunakan kombinasi antara cuka serta gula terutama untuk mereka yang tidak suka dengan penggunaan alkohol. Best Sukiyaki Jakarta tak hanya sebagi makanan yang lezat namun juga sehat untuk tubuh. Ini karena dalam sukiyaki terkandung beragam nutrisi. Masakan ini juga kaya akan protein yang dapat mencukupi kebutuhan protein harian. Vitamin dan mineral dalam sayuran juga akan memenuhi kebutuhan tubuh akan serat. Sawi putih dalam sukiyaki terbukti bisa mencegah kanker, tahu dapat menjaga kadar estrogen sementara jamur yang ditambahkan bisa menghindari terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Demikian semoga informasi ini bermanfaat.