Terbaru

Teknik Penanaman Hidroponik

Pernahkah anda mendengar hidroponik? Jka anda penggemar dunia bercocok tanam pastilah anda telah mengetahui istilah itu. Hidroponik merupakan salah satu teknik bercocok tanam yang tidak menggunakan tanah sebagai medianya. Pada teknik hidroponik digunakan media lain seperti air, pasir, kerikil, serbuk gergaji ataupun beberapa media lain yang dapat digunakan.

Hidroponik memiliki beberaap teknik dalam penanamannya, berikut adalah beberapa teknik penamaman tanaman dengan menggunakan hidroponik :

  • Wick System

Wick system merupakan teknik hidroponik yang tergolong pasif, dikatakan pasif karena pada teknik ini tidak ditemukan aliran air seperti teknik lainnya. Teknik Wick System paling populer digunakan oleh pemula karena teknik ini sangat sederhana. Teknik Wick Systemini menggunakan sumbu untuk mengalirkan nutrisi ke dalam media pertumbuhan.Dengan menggunakan sifat kapilaritas air maka nutrisi akan terserap kedalam sumbu dan menutrisi tumbuhan yang ada di sana. Teknik ini sangat cock digunakan untuk tumbuhan dengn ukuran kecil.

  • NFT (Nutrient Film Technique) System

Teknik NFT (Nutrient Film Technique) Systemini merupakan teknik yang paling populer dalam istilah hidroponik. Teknik NFT (Nutrient Film Technique) System ini memiliki Konsep yang sederhana, yaitu dengan menempatkan tanaman dalam sebuah wadah atau tabung dimana akarnya dibiarkan menggantung dalam larutan nutrisi. Dalam Sistem ini pastikan nutrisi dapat terus menerus mengalir dalam larutan air, aliran yang kontinue sehingga kita tidak memerlukan timer untuk pompanya. NFT cocok diterapkan pada jenis tanaman berdaun seperti selada dan saosin.

  • Ebb & Flow System

Teknik Ebb & Flow System ini menempatkanSebuah media tumbuh dalam sebuah wadah, kemudian wadah tersebut diisi oleh larutan nutrisi. Namun nutrisi ini tidak diam disana ia akan  dikembalikan ke dalam penampungan dengan menggunakan pompa  dan begitu seterusnya hingga bersiklus. Jika anda menggunakan teknik Ebb & Flow System ini pastikan jarak taman teratur sehingga taman dapat menyerap nutrisi dengan optimal.

Itulah beberapa teknik penanaman hidroponik, pilahlah teknik yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.